Selamat Datang di Blognya Aroel Oktavia

Selamat datang dan selamat membaca

Rabu, 17 Oktober 2012

hakekat belajar dan pembelajaran


HAKEKAT  BELAJAR  DAN   PEMBELAJARAN
Makalah ini di susun untuk melengkapi tugas
Mata kuliah Filsafat  dan  Nilai  Budaya  Pendidikan
Disusun oleh:
NAMA        :ANDINI  PURI  LEKSANA            2011-33-120
NAMA        :IFAH  ZASKIYAH                           2011-33-118
NAMA        :LAELY  NIKMAH                           2011-33-119
KELAS       :C
FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVERSITAS  MURIA  KUDUS
Tahun  Ajaran  2011-2012

KATA  PENGANTAR
                Segala  puji  bagi  Allah SWT  atas  limpahan  rahmat  dan  hidayah-NYA
Sehingga  penyusun  dapat  menyelesaikan  makalah  ini.Makalah  ini  disusun  dengan  tujuan  untuk  memberikan  informasi,serta  pengetahuan  bgi  para  pembaca.
Tidak  lupa  penyusun  menyampaikan  rasa  terima  kasih  kepada:
1.     Tuhan  Yang  Maha  Esa, yang  telah  melimpahkan  rahmat Nya, sehingga  dapat  menyelesaikan  makalah  ini.
2.    Kepada  keluarga  penyusun  terutama  kedua  orang  orang  tua  yang  telah  membimbing  dan  memotivasi  penyusun.
3.    Guru  pembimbing  mata kuliah  sejarah  dan  sistem  pendidikan. Bapak  DRS.MASTURI,MM yang  telah  membimbing  dan  memotivasi  penyusun.

Penulis  menyadari  bahwa  makalah  ini  jauh  dari  kesempurnaan  karena  keterbatasan  penulis. Namun  penulis  telah  berusaha  semaksimal  mungkin  dalam  menyusun  makalah  ini,sehingga  makalah  dapat  diselesaikan.

Semoga  laporan  ini  dapat  bermanfaat  bagi  pembaca  dan  menambah  wawasan  serta  pengetahuannya.
Kudus,     September  2011

               Penyusun

DAFTAR  ISI
HALAMAN  JUDUL ………………………………………………………………            1         
KATA  PENGANTAR……………………………………………………………. 2         
DAFTAR  ISI……………………………………………………………………… 3         
BAB I              PENDAHULUAN………………………………………………… 4         
Latar  Belakang  Msalah………………………………………...  4         
Rumusan  Masalah……………………………………………...  4         
Tujuan…………………………………………………………….  5         
BAB II             PEMBAHASAN………………………………………………….   6         
Konsep  belajar…………………………………………………..  6         
Pengertian  Belajar………………………………………………..6        
Jenis-jenis  Belajar……………………………………………......8         
Konsep  Pembelajaran………………………………………….  10       
Pengertian  Pembelajaran……………………………………...  10       
Model-Model  Pembelajaran……………………………………  12       
BAB III            PENUTUP………………………………………………………..   14       
Kesimpulan………………………………………………………  14       
Saran……………………………………………………………… 15       
Daftar  Pustaka…………………………………………………... 16       


BAB 1
PENDAHULUAN

A.          LATAR  BELAKANG  MASALAH

Dalam  percakapan  sehari-hari  sering  mendengar  seorang  ibu  yang  mengatakan  bahwa  anaknya  sedang  belajar  berjalan  atau  sedang  belajar  berbicara. Sesekali  kita  juga  mendengar  seorang  ibu  yang  kecewa  karena,walaupun  anaknya  sudah  belajar  semalaman  tetapi  hasil  ujiannya  kurang  memuaskan.Apakah  kegiatan  yang  dilakukan  anak-anak  tersebut  merupakan  kegiatan  belajar?Apabila  anda  melihat  seorang  siswa  sedang asyik  membaca  buku  di  perpustakaan  atau  sekelompok  siswa  sedang  mengerjakan  tugas  kelompok, aatu  seorang  siswa  sedang  memperhatikan  penjelasan  guru  dengan  serius, apakah  anda  beranggapan  bahwa  mereka  sedang  belajar.Jawaban  atas  kedua  pertanyaan  tersebut  bias  ya  juga  bias  tidak.Untuk  dapat  memahami  tentang  apa  itu  belajar  dan  apa  cirri-cirinya  untuk  menunjukan  bahwa  orang  tersebut  belajar.Selanjutnya  kita  akn  membahas  konsep  dan  pola  dasar  pembelajaran, yang  secara  pedagogis  merupakan  wahana  pendidikan  untuk  memhasilkan  proses  belajar. 

B.          RUMUSAN  MASALAH
Berdasarkan  latar  belakang  diatas, maka  penulis  merumuskan  masalah  sebagai  berikut  :
1.            Memahami  konsep  belajar dan  pembelajaran   secara  utuh.
2.            Mengetahui  pengertian  belajar  dan  pembelajaran
3.            Mengetahui  jenis-jenis  belajar
4.            Mengetahui  model-model  pembelajaran

C.          TUJUAN
Makalah  ini  disusun  dengan  tujuan  untuk:
Mengetahui  pengertian  belajar  dan  pembelajaran  secara  umum






















BAB II
PEMBAHASAN
A.  KONSEP  BELAJAR 
Istilah  belajar  sudah  dikenal  luas  di  berbagai  kalangan  walaupun  sering  disalahartikan  atau  diartikan  secara  common  sense  atau  pendapat  umum  saja.Misalnya  seorang  ibu  meminta  anaknya ”Kau  Belajar  Dulu  Sebelum  Tidur” maksudnya  mungkin  membaca  dulu  buku  pelajaran  sebelum  tidur.  Atau  seorang  ayah  menasehati  anaknya  yang  baru  terjatuh  dari  sepeda  montor  karena  kelalaiannya  dengan  mengatakan”Lain  kali  kamu  harus  belajar  dari  pengalaman”   yang  maksudnya  jangan  mengulangi  kesalahan  serupa  pada  masa  mendatang.Dalam  kedua  contoh  ungkapan  tersebut  belajar  diartikan  sebagai  proses  mendapatkan  pengetahuan  dengan  membaca  dan  menggunakan  pengalaman  sebagai  pengetahuan  yang  memandu  perilaku  pada  masa  yang  akan  dating.
Untuk  memahami  konsep  belajar  secara  utuh  perlu  di gali  lebih  dulu  bagaimana  para  pakar  psikologi  dan  pakar  pendidikan  mengartikan  konsep  belajar.Pakar  psikologi  melihat  perilaku  belajar  sebagai  proses  psikologis  individu  dalam  interaksinya  dengan  lingkungan  secara  alami.Sedangkan  pakar  pendidikan  melihat  perilaku  belajar  sebagai  proses  psikologis  pedagogis  yang  ditandai  dengan  adanya  interaksi  individu  dengan  lingkungan   belajar  yang  disengaja  diciptakan.

1.   PENGERTIAN  BELAJAR

Pengertian  belajar  yang  cukup  kompehensif  diberikan  ole  Bell-gredler(1986) yang  menyatakan  bahwa  belajar  adalah  proses  yang  dilakukan  oleh  manusia  untuk  mendapatkan  aneka  ragam  competencis ,skill,and  attitudes.Kemampuan  (competencis), ketrampilan(skill),dan  sikap(attitudes) tersebut  diperoleh  secara  bertahap  dan  berkelanjutan  mulai  dari  masa  bayi  sampai  masa  tua  melalui  rangkaian  proses  belajar  sepanjang  hayat.Rangkaian  proses  belajar  itu  dilakukan  dalam   bentuk  keterlibatannya  dalam  pendidikan  informal.
Keturutsertaannya  dalam  pendidikan  formal  dan/atau  pendidikan  nonformal.Kemampuan  belajar  inilah  yang  membedakan  manusia  dari  makhluk  lainnya.
Belajar  sebagai  proses  manusiawi  memiliki  kedudukan  dan  peran  penting, baik  dalam  kehidupan  masyarakat  tradisional  maupun  modern.Pentingnya  proses  belajar  dapat  dipahami  dari  traditional/local  wisdom,filsafat,temuan  penelitian  dan  teori  tentang  belajar.Traditional/local  visdom  adalah  ungkapan  verbal  dalam  bentuk  frasa,peribahasa,adagium,maksim,kata  mutiara,petatah-petitih,atau  puisi  yang  mengandung  makna  eksplisitatau  implicit  tentang  pentingnya  belajar  dalam  kehidupan  manusia.Sebagai  contohnya ;Belajarlah  sampai  ke  negeri  cina(Belajarlah  tentang  apa  saja, dari  siapa saja  dan  dimana  saja);Bent  the  willow  when  it is  young(Didiklah  anak  selagi  masih  muda);Beraki-rakit  ke hulu  berenang-renang  kemudian(Belajar  lebih  dahulu   nanti  akan  dapat  menikmati   hasilnya).
Belajar  sering  juga  diartikan  sebagai  penambahan,perluasan, dan  pendalaman  pengetahuan,nilai  dan  sikap,serta  keterampilan.secara  konseptual  Fontana,mengartikan  belajar  adalah  suatu  proses  perubahan  yang  relative   tetap  dalam  perilaku   individu  sebagai  hasil  dari  pengalaman.seperti  Fotana,Gagne  juga  menyatakan  bahwa  belajar  adalahsuatu  perubahan  dalam  kemampuan  yang  bertahan  lama  dan  bukan  berasal  dari  proses  pertumbuhan.
v  CIRI-CIRI  BELAJAR
Dari  semua  pengertian  tentang  belajar,sangat  jelas   pada  kita  bahwa  belajar  tidak  hanya  berkenaan  dengan  jumlah  pengetahuan  tetapi  juga  meliputi  seluruh  kemampuan  individu.Kedua  pengertian  terakhir  tersebut  memusatkan  perhatiannya  pada  tiga  hal
Pertama, belajar  harus  memungkinkan  terjadinya  perubahan  perilaku  pada  diri  individu.Perubahan  tersebut  tidak  hanya  pada  aspek  pengetahuan  atau  kognitif  saja  tetapi  juga  meliputi  aspek  sikap  dan  nilai(afektif)serta  keterangan(psikomotor).
Kedua,perubahan  itu  harus  merupakan  buah  dari  pengamanan.Perubahan  perilaku  yang  terjadi  pada  diri  individu  karena  adanya  interaksi  antara  dirinya  dengan  lingkungan.Interaksi  ini  dapat  berupa  interaksi  fisik,perubahan  kemampuan  tersebut  dapat  diperoleh  melalui  interaksi  psikis.
Ketiga,perubahan  tersebut  relative  menetap.Perubahan  perilaku  akibat  obat-obatan ,minuman  keras,dan  yang  lainnya  tidak  dapat  dikategorikansebagai  perilaku  hasil  belajar.Seorang  atlet  yang  dapat  melakukan  lompat  galah  melebihi  rekor  orang  lain  karena  minum  obat  tidak  dapat  dikategorikan  sebagai  hasil  belajar.Perubahan  tersebut  tidak  bersifat  menetap.aperubahan  perilaku  akibat  belajar  akan  bersifat  cukup  permanen.
2.   JENIS  JENIS  BELAJAR

Berkenaan  dengar  proses  belajar  yang  terjadi  pada  diri  siwa,Gagne  mengemukakan  delapan  jenis  belajr.Kedelapan  jenis  belajar  tersebut  adalah:

1.      Belajar  isyarat(signal  learning)
Belajar  melalui  isyarat  adalah  melalui  melakukan  atau  tidak  melakukan  sesuatu  karena  adanya  tanda  atau  isyarat.Misalnya  berhenti  berbicara  ketika  mendapat  isyarat  telunjukmenyilang  mulut  sebagai  tanda  tidak  boleh  rebut,atau  berhenti  mengendarai  sepeda  motor  diperempatan  jalan  pada  saat  tanda  lampu  merah  menyala.

2.      Belajar  Stimulus  Respon
Belajar  stimulus-respon  terjadi  pada diri  individu  karena  ada  rangsangan  dari  luar.Misalnya, menendang  bola  ketika  da  bola  di  depan  kaki,berbaris  rapi  karena  ada  komando,erlari  karena  mendengar  suara  anjing  menggonggong  di  belakang dll.

3.      Belajar  rangkaian
Belajar  rangkaian  erjadi  melalui  perpaduan  berbagai  proses  stimulus  responyang  telah  di pelajari  sebelumnya  sehingga  melahirkan  perilaku  yang  segera  dan  spontan.

4.      Belajar  asosiasi  verbal
Belajar  asosiasi  verbal  terjadi  bila  individu  telah  mengetahui  sebutan  bentuk  dan  dapat  menangakp  makna  yang  bersifat  verbal.

5.      Belajar  membedakan
Belajar  diskriminasi  terjadi  bila  individu  berhadapan  dengan  benda,suasana,Atau  pengalaman  yang  luas  dan  mencoba  membeda-bedakan  hal-hal  yang  jumlahnya  banyak  itu.

6.      Belajar  konsep 
Belajar  konsep   terjadi  apabila  individu  menghadapi  berbagai    fakta  atau  data  yang  kemudian  ditafsirkan  ke  dalam  suatu  pengertian  atau  makna  yang  abstrak.

7.      Belajar  hukum    aturan
Belajar  atutan  atau  terjadi  bila  individu  menggunakan  beberapa  rangkaian  peristiwa  atau  perangkat  data  yang  terdahulu  atau  yang  diberikan  sebelumnya  dan   menerapkannya  atau  menarik    kesimpulan  dari  data  tersebut  menjadi  suatu  atauran.

8.      Belajar  pemecahan  masalah
Belajar  pemecahan  masalah  terjadi  bila  individu  menggunakan  berbagai  konsep  atau  prinsip  untuk  menjawab  suatu  pertanyaan.

B.  KONSEP  PEMBELAJARAN

Pembelajaran  merupakan  kegiatan  yang  dilakukan  untuk  menginisiasi,memfasilitasi, dan  meningkatkan  intensitas  dan  kualitas  belajar  pada  diri  peserta  didik.Oleh  karena  pembelajaran  merupakan  upaya  sistematis  dan  sistemik  untuk  menginisiasi ,memfasilitasi, dan  meningkatkan  proses  belajar  maka  kegiatan  pembelajaran  berkaitan  erat  dengan  jenis  hakikat, dan  jenis  belajar  serta  hasil  belajar  tersebut.Pembelajaran  harus  menghasilkan  belajar, tapi  tidak  semua  proses  belajar  terjadi  karena  pembelajaran.Proses  belajar  terjadi  juga  dalam  konteks  interksi  social-kultural  dalam  lingkungan  masyarakat.       
1.   PENGERTIAN  PEMBELAJARAN

Pembelajaran  dalam  konteks  pendidikan  formal, yakni  pendidikan  di   sekolah, sebagian  besar  terjadi  di kelas  dan  lingkungan  sekolah.Sebagian  kecil  pembelajaran  terjadi  juga  di  lingkungan  masyarakat, misalnya, pada  saat  kegiatan  ko-kurikuler(kegiatan  di  luar  kelas  dalam  rangka  tugas  suatu  mata  pelajaran),ekstra-kurikuler(kegiatan  di  luar  mata  pelajaran, di  luar  kelas),dan  ekstramural(kegiatan  dalam  rangka  proyek  belajar  atau  kegiatan, di  luar  kurikulum  yang  diselenggarakan  di  luar  akmpus  sekolah).Dengan  demikkian  maka  proses  belajar  bias  terjadi  di kelas, dalam  lingkungan  sekolah,dan  dalam  kihidupan  masyarakat, termasuk  dalam  bentuk  interaksi  social-kultural  melalui  media  massa  dan  jaringan.dalam  konteks  pendidikan  non  formal, justru  sebaliknya  proses  pembelajaran  sebagian  besar  terjadi  dalam  lingkungan  masyrakat, ternasuk  dunia  kerja, media  massa  dan  jaringat  internet.Hanya  sebagian  kecil  saja  pembelajaran  terjadi  di  kelas  dan  lingkungan  pendidikan  non  formalseperti  pusat  kursus.Yang  lebih  luas  adalah  belajar  dan  pembelajaran  dalam  konteks  pendidikan  terbuka  dan  jarak  jauh, yang  karena  karakteristik  peserta  didiknya  dan  paradigm  pembelajarannya, proses  belajar  dan  pembelajaran  bias  terjadi  dimana  saja, dan  kapan  saja  tidak  dibatasi  oleh  jarak,ruang, dan  waktu.
Istilah  pembelajaran  merupakan  istilah  baru  yang  digunakan   untuk  menunjukan  kegiatan  kegiatan  guru  dan  siswa.Sebelumnya, kita  menggunakan  istilah” proses  belajar-mengajar” dan  “pengajaran”.Istilah  pembelajaran  merupakan  terjemahan  dari  kata” instruction”.Menurt  Gagne,Briggs,dan Wanger(1992),pembelajaran  adalah  serangkaian  kegiatan  yang  dirancang  untuk  memungkinkan  terjadinya  proses  belajar  pada  siswa.
Dari  pengertian  di  atas, kita  mengetahui  bahwa  cirri  utama  pembelajaran  adalah  inisiasi, fasilitas, dan  peningkatan  proses  belajar  siswa.ini  menujukan  bahwa  unsure  kesengajaan  dari  pihak  di  luar  individu  yang  melakukan  proses  belajar,dalam  hal  ini  pendidik  secara  perorangan  atau  secara  kolektif  dalam  suatu  system, merupakan  cirri  utama  dari  konsep  pembelajaran.


2.   MODEL-MODEL  PEMBELAJARAN

a.      Pembelajaran  berorientasi  pada  proses  Belajar  Isyarat
Pada  belajar  isyarat  proses  belajar  dimulai  dengan  adanya  isyarat,tanda  atau  petunjuk  yang  berpengaruh  pada  proses  perubahan  perilaku.
b.      Pembelajaran  Berorientasi  pada  Proses  Belajar  Stimulus  Respon
Belajar  atimulus  respon  mengacu  pada  proses  perubahan  perilaku  yang  dihasilkan  oleh  terciptanya  relasi  antara  stimulus  atau  rangsangan  dan  respon  atau  jawaban  atas  stimulus.
c.      Pembelajaran  Berorientasi  Pada  Proses  Belajar  Rangkaian
Belajar  rangkaian  mengacu  pada  proses  belajar  yang  tercipta  karena  adanya  berbagai  proses  stimulus  respon.Seseorang  yang  menerima  berbagai  stimulus  dan  selanjutnya  member  respon  di  dalam  suatu  konteks  akan  dapat  melakukan  proses  belajar  rangkaian.
d.      Pembelajaran  Berorientasi  Pada  proses  Belajar  Asosiasi  Verbal
‘Belajar  Asosiasi  Verbal” mengacu  pada  proses  memahami  informasi  verbal  yang  menggambarkan  konsep,prinsip,benda,situasi,dan  lain-lain.
e.      Pembelajaran  Berorientasi  Pada  proses  Belajar  Membedakan
“Belajar  Membedakan” mengacu  pada  psoses  belajar  memahami sesuatu  hal  dengan  cara  melihat  perbedaan  karakteristik  yang  yang  dimiliki  oleh  objek  yang  dipelajari.Dengan  melihat  perbedaan  yang  dimiliki  oleh  objek,individu  dapat  memahami  benda,suasana,peristiwa,atau  objek  lain  yang  ada  di  lingkungannya.


f.       Pembelajaran  Berorientasi  Pada  proses  Belajar  Konsep
Benda,proses,gejala,aturan,atau  pengalaman  melalui  proses  mengenal  cirri-ciri.
g.      Pembelajaran  Berorientasi  Pada  proses  Belajar  Aturan
“Belajar  Aturan”  mengacu  pada  proses  belajar  membangun    prinsip  atau  aturan  dengan  menggunakan  serangkaian  fakta,data,peristiwa, dan  pengalaman  yang  telah  diketahui  atau  di alami  sebelumnanya.Aturan  yang  di  bangun  itu  berupa  kesimpulan  yang  berlaku  umum  sehingga  dapat  diterapkan  pada  situasi  yang  sama  tetapi  jangkauan  dan  mengacu  pada  aktivitas  intividudalam  memahami  sesuatu  cakupannya  lebih  luas.
h.      Pembelajaran  Berorientasi  Pada  proses  Belajar  Pemecahan  Masalah
“Belajar  Pemecahan  Masalah”   mengacu  pada  proses  mental  individu  dalam  menghadapi  suatu  masalah  untuk  selanjutnya  menemukan  cara  mengatasi  masalah  itu  melalui  proses  berfikir  yang  sistematis  dan  cermat.Kesistematisan  berfikir ini  terlukis  dalam   langkah-langkah  yang  ditempuhnya.Secara  umum  langkah-langkah  pemecahan  masalah  adalah  sebagai  berikut:
Ø Merasakan  adanya  masalah.
Ø Merumuskan  masalah  secara  khusus  dalam  bentuk  pertanyaan atau  pernyataan.
Ø Memberikan   jawaban  sementara  atau  hipotesis  atas  masalah  yang  diajukan.
Ø Mengumpulkan  serta   mengolah  data  dan  informasi  dalam  rangka  menguji  tetap  tidaknya  jawaban  sementara  yang  diberikan.
Ø Merumuskan  masaalah  mengenai  pemecahan  masalah  tersebut  dan  mencoba  melihat  kemungkinan  penerapan  dari  kesimpulan  itu.


                                      
BAB III
PENUTUP
A.  KESIMPULAN
Belajar  mengacu  pada  perubahan  perilaku  individu  sebagai  akibat  dari  proses  pengalaman  baik  yang  dialami  ataupun  yang  sengaja  dirancang.Ciri-ciri  belajar  adalah  adanya  perubahan  perilaku.Perubahan  perilaku  tersebut  merupakan  hasil  interaksi  individu  dengan  lingkungan,serta  perilaku  yersebut  bersifat  relative  menetap.Delapan  jenis  belajar  Gagne   adalah  isyarat,stimulus  respon,rangkaian,asosiasi  verbal,membedakan,konsep,hokum/aturan,dan  pemecahan  masalah.Masing-masing  tepri  belajar  memiliki  asumsi  dasar,komponen  dasar  dan  kontribusi  yang  khas.
Kegiatan  pembelajaran  mengacu  pada  penggunaan  pendekatan,strategi,metode,dan  teknikdan  media  dalam  rangka  membangun  proses  belajar,antara  lain  membahas  materi  dan  melakukan  pengalaman  belajar  sehingga  tujuan  pembelajaran  dapat  dicapai  secara  optimal.Setiap  jenis  belajar  mulai  dari  belajar  isyarat  sampai  dengan  belajar  pemecahan   masalah  yang  khas/spesifik..
Dengan  demikian  maka  proses  belajar  bias  terjadi  di  kelas,dalam  lingkungan  sekolah, dan  dalam  kehidupan  masyarakat,termasuk  dalam  bentuk  interaksi  social-kulturak  melalui  media  massa  dan  jaringan.


B.  SARAN

*      Pembelajaran  tidak  dapat  dipisahkan  dari  proses  dan  hasil  belajar.
*      Pembelajaran  yang  dilaksanakan  dengan  baik  akan  memungkinkan  tumbuhnya  proses  dan  hasil  belajar  dan  baik.
*      Pembelajaran  yang  luas  akan  membangun  watak  dan  peradapan  bangsa  yang  bermartabat  dalam  rangka  pencedasan   kehidupan  bangsa
*      Hendaknya  guru  harus  memiliki  pengetahuan  tentang  jenis  belajar  serta  kondisi  yang  dibutuhkan  setiap  jenis  belajar.


DAFTAR  PUSTAKA

v Suparman,A.(1997).Model-Moddel  Pembelajaran  Interktif.Jakarta:STIA-LAN press.
v Bell-Gredler,M.E(1986).Learning  and  instruction.New  York:Macmillan  Publishing.
v Republik   Indonesia(2003).Undang-Undang  Republik  Indonesia  Nomor  20  Tahun  2003  tentang  Sisitem  Pendidikan  Nasional.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar